Iklan

Kamis, 28 Juni 2007

Terimakasih, Sebuah Tanda Menghargai Diri

Ucapan terimakasih, meski tidak disampaikan kepada si pemberi akan memberi arti lebih baik minimal bagi diri sendiri, dibandingkan apabila kita tidak mengucapkannya sama sekali. Mengapa ? Meski kecil, ucapan terimakasih memiliki pengaruh besar pada siapapun. Orang yang dituju akan merasa sangat terhargai, termasuk apabila kita memberikannya pada diri sendiri. Kedengarannya seperti sangat aneh bila kita melakukannya seperti itu.

Ucapan terimakasih adalah ungkapan perasaaan 'suka cita' dari pihak yang menerima karena menerima bantuan dari si pemberi. Sepanjang hidup Anda, seberapa sering Anda menerima bantuan dari orang lain. Bandingkan dengan bantuan yang telah Anda berikan bagi diri Anda sendiri.
Bayangkan, seperti Anda suatu saat batal naik pesawat karena terlambat, sementara diujung landasan sana telah menunggu tugas yang sangat penting bagi hidup Anda. Apa yang Anda lakukan ? Pasti mengumpati diri Anda sepanjang waktu, "sial kalau saya tidak kesiangan mungkin saya tidak terlambat..", "...pupus harapan saya sekarang karena kebegoan saya sendiri...". Tetapi apa yang Anda akan perbuat, ketika di saat yang lain Anda berhasil mendapatkan bisnis yang sangat penting bagi hidup Anda ? Pernahkah berterimakasih pada diri Anda sendiri ? Mengapa Anda tidak berlaku adil ?
Berterimakasih pada diri sendiri bukanlah dalam bentuk mengucapkan kata-kata 'terimakasih' untuk diri sendiri sebagaimana yang kita lakukan kepada orang lain. Ungkapan terimakasih pada diri sendiri yang terpenting adalah menancapkan keyakinan bahwa Anda adalah seseorang yang berharga, memiliki kemampuan yang dapat Anda andalkan, dan karena itu Anda memiliki nilai unik di antara orang lain. Seringkanlah untuk berterimakasih pada diri sendiri, karena dengan modal itu Anda akan bertahan dan memenangi hidup dengan kemenangan yang membahagiakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar